Panduan Penulis

Pemasukan Naskah

  1. Naskah dimasukkan sebanyak 1 berkas artikel berupa softcopy yang diunggah melalui  Open Jurnal System (OJS).Penulis dapat mengunduh pedoman penulisan Jurnal Elkolind di sini.
  2. Naskah tulisan harus asli, belum pernah dimuat di media lain, atau tidak sedang dalam proses untuk dimuat di media lain. Untuk naskah yang pernah disampaikan dalam ceramah/seminar/diskusi harap disebutkan dalam catatan pada halaman pertama.
  3. Seluruh naskah yang masuk ke redaksi akan diperiksa oleh Redaksi Ahli sesuai dengan bidang kajian naskah. Aspek yang diperiksa menyangkut kesahihan informasi, kontribusi substantif terhadap bidang kajian, serta kejelasan dan kualitas presentasi naskah.
  4. Harus dipastikan bahwa naskah telah terbebas dari plagiasi.
  5. Naskah yang disajikan tidak sesuai dengan ketentuan jurnal akan dikembalikan.

Ketentuan Naskah

  1. Naskah diketik dengan menggunakan komputer dalam format MS Word, dengan kertas berukuran A4,  dan berjarak 1 spasi. Font yang digunakan adalah Tahoma untuk semua style dengan ukuran 11. Jumlah halaman penulisan adalah antara 10 – 15 halaman, disertai abstrak (maksimum 150 kata) dan kata kunci (5 - 6 kata) dalam bahasa inggris dan bahasa indonesia dengan menggunakan huruf miring. Abstrak bahasa indonesia dan bahasa inggris harus dalam satu halaman di halaman pertama. Naskah diberi nomor halaman.
  2. Naskah tulisan dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris. Bila menggunakan bahasa Indonesia diharapkan memperhatikan pedoman dan istilah yang telah dibakukan. Bila terpaksa menggunakan istilah asing, hendaknya digunakan huruf miring pada kata tersebut.
  3. Naskah disusun dengan urutan : Judul, nama penulis (tanpa gelar), instansi tempat bekerja, dan alamat email, abstrak dan kata kunci (Indonesia dan inggris), pendahuluan, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, dan daftar rujukan. Jika penulis lebih dari satu orang, nama penulis dicantumkan berurutan ke samping, dengan nama penulis utama dicantumkan paling awal.
  4. Naskah dapat dilengkapi dengan tabel, grafik, gambar, dan foto dalam format hitam-putih dengan ukuran 10. Tabel, grafik, gambar, dan foto harus diberi judul yang singkat dan jelas, dan masing-masing diberi nomor urut yang sesuai pada isi naskah.
  5. Redaksi berhak memperbaiki tata bahasa dari naskah yang akan dimuat tanpa mengubah maksud isinya.
  6. Daftar rujukan berisi hanya yang dirujuk dalam tulisan saja. Rujukan dalam daftar rujukan diurutkan berdasarkan urutan kemunculannya dalam artikel, dengan tata cara penulisan sebagai berikut :

[1] S. M. Metev and V. P. Veiko, Laser Assisted Microtechnology, 2nd ed.,R. M. Osgood, Jr., Ed.  Berlin, Germany: Springer-Verlag, 1998.

[2] J. Breckling, Ed., The Analysis of Directional Time Series: Applications to Wind Speed and Direction, ser. Lecture Notes in Statistics.  Berlin, Germany: Springer, 1989, vol. 61.

[3] S. Zhang, C. Zhu, J. K. O. Sin, and P. K. T. Mok, “A novel ultrathin elevated channel low-temperature poly-Si TFT,” IEEE Electron Device Lett., vol. 20, pp. 569–571, Nov. 1999.

[4] M. Wegmuller, J. P. von der Weid, P. Oberson, and N. Gisin, “Highresolution fiber distributed measurements with coherent OFDR,” in Proc. ECOC’00, 2000, paper 11.3.4, p. 109.

[5] R. E. Sorace, V. S. Reinhardt, and S. A. Vaughn, “High-speed digital-to-RF converter,” U.S. Patent 5 668 842, Sept. 16, 1997.

[6] (2002) The IEEE website. [Online]. Available: http://www.ieee.org/

[7] M. Shell. (2002) IEEEtran homepage on CTAN. [Online]. Available: http://www.ctan.org/tex-archive/macros/latex/contrib/supported/IEEEtran/

[8] FLEXChip Signal Processor (MC68175/D), Motorola, 1996.

[9] “PDCA12-70 data sheet,” Opto Speed SA, Mezzovico, Switzerland.

[10] A. Karnik, “Performance of TCP congestion control with rate feedback:TCP/ABR and rate adaptive TCP/IP,” M. Eng. thesis, Indian Institute ofScience, Bangalore, India, Jan. 1999.

[11]      J. Padhye, V. Firoiu, and D. Towsley, “A stochastic model of TCP Renocongestion avoidance and control,” Univ. of Massachusetts, Amherst,MA, CMPSCI Tech. Rep. 99-02, 1999.

[12]      Wireless LAN Medium Access Control (MAC) and Physical Layer (PHY) Specification,IEEE Std. 802.11, 1997.

Contoh penulisan rujukan pada artikel adalah …..…Pada tahun 2012, penelitian yang dilakukan oleh Meier (Meier ,2012) dan timnya, mencoba untuk mengirimkan data dengan kecepatan tinggi……

Penulisan daftar rujukan diwajibkan menggunakan aplikasi penulisan referensi, seperti halnya mendeley, endnote, word references, atau lainnya.