IMPLEMENTASI SISTEM KONTROL PID UNTUK STABILISASI SUHU PADA ALAT PEMANAS SEMEN BEKU SAPI

Bayu Prasetyadi Wiratama, Eka Mandayatma, Edi Sulistio Budi

Sari


Dalam inseminasi buatan (IB) pada hewan, pemeriksaan keaktifan sel semen sangat diperlukan, demikian pula pada sapi. Berdasarkan proses pemeriksaan pada Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB), sel semen yang sebelumnya disimpan pada suhu rendah (-196˚C) harus dipanaskan (37˚C) saat diperiksa menggunakan mikroskop. Oleh sebab itu, perlu dibutuhkannya suatu alat plate warmer. Namun saat ini plate warmer tersebut masih terbatas dipasaran, dan dalam memperoleh alat tersebut masih harus impor. Berdasarkan sulitnya mendapat plate warmer semen beku sapi dipasaran, maka dibuatlah prototype plate warmer semen beku sapi dengan range suhu 29˚C-40˚C dengan metode pengaturan kontrol PID menggunakan sensor suhu PT100 dan Mikrokontroller ATMega16, yang lebih portable dan mudah diperoleh dilingkungan lokal. Alat ini bekerja dengan cara mengatur suhu plate warmer sesuai kebutuhan. Dari hasil penelitian suhu yang dibutuhkan untuk memanaskan semen beku sapi ialah 37˚C dan didapatkan nilai parameter PID sebesar Kp = 30, Ki = 1.5, Kd = 150 dengan metode Tuning Ziegler-Nichols dimana mampu menjaga kestabilan suhu dengan error 1,5%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardhian Satrio Adi Nanda, dan Winahyu Tri Mulatsih. 2013. “Pengontrol Suhu Dan Ph Pada Alat Inokulasi Dan Fermentasi Dalam Proses Pembuatan Yoghurt Berbasis Mikrokontroler”, TA, Politeknik Negeri Malang.

Ali, Muhammad. 2004. Pembelajaran Perancangan Sistem Kontrol PID Dengan Software Matlab. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Andrianto, Heri. 2008. Pemrograman Mikrokontroller AVR Atmega16. Bandung: Informatika.

Arief Budi Wiyono, dan Dita Ayu Puspita Sari. 2013. “Pemanas Susu Dengan Pengaturan Susu Berbasis Mikrokontroller", TA, Politeknik Negeri Malang

Atmel Corporation. 2006. 8 bit AVR Microcontroller with 16K Bytes In-System Programmable Flash. www.atmel.com diakses tanggal 3 Maret 2015.

BSN, 2008. “ Semen Beku Sapi Bagian 1 ”. http://www.bsn.go.id/semen beku sapi, (diakses pada: 15 November 2014)

Eko Agustiawan, dan Samsul Ma’arif. 2006. “Rancang Bangun Alat Penghisap Rokok Dan Pendeteksi Suhu Ruangan Secara Otomatis Berbasis Mikrokontroler”, TA, Politeknik Negeri Malang.

Enggar Krisnandi, dan Indra Nugroho, 2011, “Pengaturan Suhu Dan Waktu Pada Water Bath Untuk Sample Darah Di Laboraturium Medis”, TA, Politeknik Negeri Malang

Fadhil Amir Wilaga, dan Ason Hananda. 2013, “Modul Laboraturium Pengaturan Suhu Dan Level Berbasis Data Akuisisi”, TA, Politeknik Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v3i2.82

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.