SISTEM KONTROL DIRECTIONAL MAINTAINING STABILITY PADA UAV GLIDER

Septian Dimas Rochmanda, Indrazno Sirajuddin, Agus Pracoyo

Sari


Teknologi pesawat terbang model terus berkembang dengan menerapkan kontrol manual maupun kontrol otomatis seperti pada quadcopter yang berfungsi sebagai alat monitoring area dari udara. Quadcopter di satu sisi memiliki kelemahan ketahanan daya (maks. 20-30 menit). Untuk mengatasi hal tersebut alternatif yang tepat adalah dengan prinsip gliding menggunakan Pesawat UAV Glider. Pesawat ini dapat diperintahkan untuk melakukan stabilitas terbang sesuai set point yang diberikan berdasarkan titik sudut pitch, roll, dan yaw. Untuk melakukan penyesuaian arah hadap berdasarkan sudut yaw, maka pesawat bergerak menggunakan aktuator pada rudder. Akurasi kemiringan arah hadap pesawat terhadap sudut yaw juga dipengaruhi oleh kecepatan angin dan kecepatan pesawat. Kontrol yang diterapkan adalah Kontrol Proporsional pada metode PID dan algoritma kontrol dibebankan pada kontroler Arduino Mega dengan feedback berupa data sensor kompas. Sedangkan untuk safety control, maka pesawat ini juga memiliki fasilitas pergantian mode kontrol dari manual ke semi otomatis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Setyasaputra, Nurmajid dkk. 2014. Platform Unmanned Aerial Vehicle Untuk Aerial Photography Aeromodelling And Payload Telemetry Research Group (Aptrg). Jurnal Seminar Nasional Penginderaan Jauh. Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh. LAPAN.

Nurdiansyah, Mochamad. 2011. Perancangan dan Implementasi Kontroler PID untuk Tracking Waypoint pada Sistem Navigasi UAV (Unmanned Aerial Vehicle) Berbasis GPS (Global Positioning System). Proceeding Seminar Tugas Akhir. Jurusan Teknik Elektro. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Saefullah, Asep dkk. 2014. Prototype Weather Station Berbasis Arduino Yun. ISSN ; 1978 – 8282. Perguruan Tinggi Raharja.

Sudiharto, Indhana dkk. ___. Rancang Bangun Sistem Efisiensi Energi Listrik Di Lab Rangkaian Listrik D3. Jurnal. Jurusan Teknik Elektro Industri. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Surjono, Herman Dwi. 2007. Elektronika : Teori dan Penerapan. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Ali, Muhammad. 2004. Pembelajaran Perancangan Sistem Kontrol PID Dengan Software Matlab. Jurnal Edukasi 1 (1) : 1-8. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Universitas Negeri Yogyakarta.

Simanjuntak, M. Gabe. 2012. Perancangan Prototipe Smart Building Berbasis Arduino Uno. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v3i2.79

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.