SISTEM PENSTABIL TEMPERATUR SEMEN BEKU SAPI MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY

Handinata Laras, Eka Mandayatma, Hari Kurnia Safitri

Sari


Teknologi Inseminasi Buatan dilakukan dengan maksud agar diperoleh efisiensi dan efektifitas dalam penggunaan pejantan terpilih.Berdasarkan  proses pemeriksaan, sel semen sapi yang sebelumnya disimpan pada suhu - 180ºC harus dipanaskan saat diperiksa menggunakan mikroskop.Pemeriksaan motilitas (keaktifan) sel semen sapidengan suhu 37o-38C pada meja penghangat yang dilakukan dibawah mikroskop bertujuan untuk mengetahui sel semen sapi tersebut masih bermutu dengan baik atau tidak.Untuk itu diperlukan alat pemanas.Alat pemanas yang ada saat ini masih terbatas berbentuk besar dan harus diimpor.Karena keterbatasan tersebut, maka dibutlah alat pemanas semen beku sapi menggunakan kontrol logika fuzzy yang memakai sensor PT100 dan mikrokontroler ATmega16, yang lebih portable dan mudah diperoleh dilingkungan lokal. Prinsip kerja alat ini mempertahankan suhu plat warmer sesuai setpoint suhu yang ditentukan. Apabila setpoint yang dimasukan 37ºC maka sistem akan menaikkan suhu plat pemanas mulai dari suhu awal atau suhu ruangan sampai mencapai setpoint yang ditentukan. Jika setpoint yang diinginkan sudah tercapai maka suhu akan distabilkan dengan metode logika fuzzy hingga proses pengamatan selesai. Set suhu dan suhu riil ditampilkan pada monitor LCD. Pada sistem keseluruhan  dengan kontrol logika fuzzy didapatkan hasil waktu tunda (delay time) adalah 96 detik, waktu naik (rise time) adalah 192 detik, waktu puncak (peak time) adalah 288 detik dengan suhu 38,4oC, dengan overshoot 3,78%. Maka didapati Error Steady State yang tergolong kecil yaitu 0,81% sehingga hasil suhunya dapat terjaga dengan baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annisa Puspitawangi. 2013. “Pengaruh Suhu dan Lama Thawing Terhadap Kualitas Spermatozoa Sapi Fries Holland”, Skripsi, Universitas Negeri Malang.

Ida Arlita Wulandari, Surya Agus Prihatno. 2014. “Pengaruh Berbagai Temperatur Thawing Semen Beku Terhadap Keberhasilan Inseminasi Buatan Pada Sapi Potong”, Universitas Gajah Mada.

ATMEL corp. Microcontroller with 16k bytes In-System Programmable Flash ATmega16.ATMEL. 2010. www. atmel.com. diakses pada tanggal 25 Maret 2015

BSN, 2008.“ Semen Beku Sapi Bagian 1 ”. http://www.bsn.go.id/semen beku sapi, (diakses pada: 15 November 2014).

Benny. 2013. “Smart Pintar Dengan Pengontrol Suhu Dan Penghemat Energi”, Politeknik Negeri Jakarta.

Syafitri Nia, dkk. 2007. “Rancang Bangun Pengontrol Suhu Otomatis Pada Sistem Pemanas Day Old Chicken (DOC) Berbasis Mikrokontroler Atmega8”. Universitas Tanjungpura.

Kusumadewi, Sri., Hartati, Sri., 2006, Neuro-Fuzzy, Graha Ilmu,Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v3i2.78

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.