Kontrol Kecepatan Putar Motor Pengaduk Nira Menggunakan Metode PID pada Alat Pembuat Gula Merah Tebu

Dian Ayu Widianti, Mila Fauziyah, Denda Dewatama

Sari


Gula merah tebu terbuat dari cairan nira yang dikumpulkan dari tanaman tebu. Pada pengolahan gula merah tebu dipengaruhi oleh kecepatan pengadukan. Pengadukan diperlukan untuk mempercepat penguapan air dari nira dan untuk membentuk kristal gula yang kompak serta menghasilkan warna gula yang seragam. Semakin tinggi kecepatan pengadukan, gula merah yang dihasilkan memiliki kadar air yang semakin rendah, sehingga tekstur (kekerasan) gula merah tebu yang dihasilkan semakin baik. Kecepatan pengadukan yang digunakan yaitu 100 rpm, 110 rpm dan 130 rpm.

Pengontrolan kecepatan pengadukan dengan aktuator motor DC menggunakan metode kontrol PID yang ditanamkan pada arduino. Metode kontrol ini diharapkan mampu  menjaga kestabilan putaran motor DC  agar sesuai dengan  setpoint.

Dari hasil pengujian didapatkan nilai parameter PID dengan metode tuning Zeigler – Nichols yaitu Kp= 0.3, Ki = 0.4 dan Kd = 0.056. Analisa hasil respon sistem pada setpoint 100 rpm diperoleh delay time (Td) = 0.47 s, rise time (Tr) = 1.7 s, settling time (Ts)= 7.6, peak time (Tp) = 3, Overshoot = 6% dan Error Steady State = 3%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kontrol PID mampu mempertahankan kecepatan sesuai setpoint yang diharapkan. Hasil gula merah terbaik yaitu pada kecepatan pengadukan 100rpm. Warna gula merah yang dihasilkan coklat kekuningan, tekstur gula keras dan rasa yang manis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, dkk. 2014. Pengaruh Suhu Pemasakan dan Kecepatan Pengadukan Terhadap Kualitas Gula Merah Tebu. Jurnal Teknologi Pertanian Vol 15, No 3. Universitas Brawijaya.

Ogata,Katsuhiko. 1996. Teknik Kontrol Automatik. Jakarta : Erlangga.

Pradana, Ferdian. 2014. Perancangan Dan Implementasi Visual Servoing Pada Robot Beroda Menggunakan Kamera Berbasis Beaglebone Black. Skripsi Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang.

Rusdian, Sarah Annisaa. 2015. Modul Praktikum Kontrol Aliran Air Menggunakan Metode PID pada Sistem Kendali Terdistribusi. Skripsi Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang.

Sahirman. 2004. Cara Membuat Gula Merah. Surabaya : PT. Balai Pustaka (Persero)

Suhriadi, Akhmad. 2011. Rancang Bangun Sistem Efisiesi Energi Listrik di Lab Rangkaian Listrik D3. Jurnal Teknik Elektro ITS. Politeknik Negeri Surabaya.

Soetedjo. dkk. 2009. Perancangan dan Uji Coba Alat Evaporator Nira Aren. Laporan Penelitian. Jurusan Teknik Kimia FTI, Universitas Katolik Parahyang, Jakarta.

http//www.scribd.com/doc/251637923/Arduino

-Uno-docx/ [online]




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v3i2.77

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.