Kontrol Suhu Menggunakan Metode PID untuk Proses Pemasakan Nira Pada Alat Pembuat Gula Merah Tebu

Brahma Ratih Rahayu Fakhrunnia, Mila Fauziyah, Denda Dewatama

Sari


Pemasakan nira merupakan salah satu proses yang dilakukan pada pembuatan gula merah. Proses pemasakan nira merupakan salah satu proses penting dalam pembuatan gula merah yang mengakibatkan terjadinya karamelisasi pada gula yang membuat warna gula menjadi coklat. Proses pemasakan nira pada pembuatan gula merah saat ini masih menggunakan pengontrolan secara manual yang akan menyebabkan suhu pemasakan yang tidak stabil. Suhu pemasakan yang tidak stabil akan mengakibatkan gula merah yang dihasilkan menjadi berwarna terlalu pekat dan memiliki rasa manis yang cenderung pahit. Sehingga dalam proses pemasakan nira diperlukan pengontrolan suhu dengan harapan dapat menghasilkan gula merah dengan kualitas warna dan rasa yang semakin baik. Dalam menjaga kestabilan suhu pada proses pemasakan nira, maka dalam penelitian ini digunakan sebuah metode kontrol. Metode kontrol yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kontrol PID yang ditanamkan pada arduino untuk mengontrol aktuator berupa motor servo yang mendapatkan input dari sensor suhu PT100.

Dengan menggunakan metode kontrol PID diperoleh parameter kontrol dengan metode Ziegler Nichols dengan nilai Kp = 5, Ki = 0.1 dan Kd = 538. Dari hasil pengujian sistem terhadap aplikasi kontroler PID dengan metode Ziegler Nicholse ini didapatkan nilai (Tr) = 592 s, waktu tunda (Td) = 334 s, waktu turun (Ts) = 957 s, maksimal overshoot (%Mp) = 0% dan error steady state 1.03%. Berdasarkan data respon PID yang dihasilkan menunjukkan bahwa sistem untuk pengukuran suhu sesuai dengan nilai setpoint yang diberikan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, Shinta Rosalia. 2014. Pengaruh Suhu Pemasakan Nira dan Kecepatan Pengadukan Terhadap Kualitas Gula Merah Tebu. Jurnal Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya.

Soetedjo. dkk. 2009. Perancangan dan Uji Coba Alat Evaporator Nira Aren. Laporan Penelitian. Jurusan Teknik Kimia FTI, Universitas Katolik Parahyang, Jakarta.

Johnson, Curtis. 1997. Process Control Instrumentation Technology. Prentice-Hall of India Private Limited, New Delhi.

Dio, Betari Kristian. 2015. Implementasi Algoritma Fuzzy Logic untuk Pengendali Suhu Pada Mesin Mixer Menggunakan SCADA. Politeknik Negeri Malang.

Ogata, Katsuhiko. 1996. Teknik Kontrol Automatik. Erlangga, Jakarta.

Online http://arduino.cc




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v3i2.76

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.