Implementasi Sistem Kontrol PID pada Proses Reverse Osmosis Pengolahan Air Laut Berbasis DCS

Annisa Maulidia Damayanti, Muhamad Rifa'i, Tarmukan Tarmukan

Sari


Pengaturan kecepatan motor dalam proses reverse osmosis sangat dibutuhkan, hal ini dikarenakan proses penyaringan dalam membran reverse osmosis membutuhkan tekanan yang sesuai dengan kemampuan membran. Selain itu juga dibutuhkan kontrol ketinggian air untuk mengotomatisasi tangki yang telah penuh dan mempertahankan ketinggian air.

Solusi untuk mengurangi permasalahan diatas yaitu menggunakan DCS yang berfungsi untuk memonitor dan mengontrol plant dari jarak jauh, Dan metode kontrol yang cocok digunakan pada DCS adalah metode kontrol PID Ziegler-Nichols. Sehingga dalam penelitian ini penulis merancang mini plant kontrol ketinggian air dan tekanan dengan menggunakan metode PID Ziegler-Nichols yang diimplementasikan pada DCS-PCS7. Sensor yang digunakan untuk mendeteksi ketinggian air adalah sensor HC-SR04, untuk sensor tekanan dengan menggunakan pressure transmitter.

Dengan menerapkan kontrol PID diperoleh parameter pada kontrol ketinggian air sebesar Kp=134.4, Ti=0 dan Td=1 menghasilkan bahwa sistem kontrol ketinggian air mampu menstabilkan ketinggian air di set point yang memiliki waktu untuk mencapai set point 120detik dan  error steady state=0.94% tanpa gangguan.Untuk Kontrol tekanan air sebesarKp=3, Ti=0 dan Td=1.375dan memiliki performa kontrol Delay time=4s, Rise time=7s, Settling time=25s, Osilasi output PID rendah, Error steady state = 1.03% tanpa gangguan.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Manual Book DCS-PCS7

Datasheet Ultrasonic Ranging Module HC - SR04

Datasheet Pressuretransmitter+g1-1/4-12b-DC5v

Andrea, Charrel A. D. 2014. Perancangan dan PengaturanKecepatan Putar MotorDengan Metode PID Pada Mesin PemecahdanPencuci Kedelai. Skripsi Program Studi Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Malang: Politeknik Negeri Malang.

Datasheet Motor Pompa Air Diafragma




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v3i2.74

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.