KONTROL KECEPATAN MOTOR DC PADA ELECTROSTATIC PRECIPITATOR (ESP) DENGAN METODE PID

Venita Amalia Sari, Andriani Parastiwi, Yulianto Yulianto

Sari


Di daerah tertentu banyak terjadi pencemaran udara berupa partikel-partikel polutan dari asap kendaraan bermotor, debu, dan mesin-mesin proses produksi di industri.  Sementara itu tersedianya udara bersih merupakan salah satu kebutuhan bagi kehidupan manusia. Untuk dapat mengurangi partikel-partikel polutan tersebut perlu dirancang dan dibuat sebuah alat Electrostatic Precipitator untuk membersihkan udara dengan metode penangkapan partikel polutan menggunakan medan listrik. Pembersihan udara dengan cara ini dilakukan penangkapan secara elektrostatis dimana partikel-partikel diberi muatan positif dan negatif di dalam medan listrik sehingga akan mendapat gaya tarik dan ditangkap pada deretan plat-plat logam. Tujuan penelitian ini adalah rancang bangun alat pembersih udara dari partikel polutan menggunakan prinsip penangkapan menggunakan medan listrik yang dibangkitkan dari tegangan tinggi searah yang diterapkan pada plat-plat pembangkit medan listrik.

Metoda pengujian yang dilakukan yaitu dengan cara mengalirkan udara yang diberi polutan dan dialirkan ke sela-sela pembangkit medan listrik dengan kecepatan terkontrol sebanding kepekatan partikel polutan untuk mengetahui tanggapan sistem. Pengujian berikutnya adalah menerapkan mesin pada ruang mengandung partikel polutan dan mencatat jumlah polutan yang dapat ditangkap dalam satuan waktu. Hasil pengujian yang didapatkan yaitu alat Electrostatic Precipitator ini mampu mengendapkan debu sebesar 12.5 gram tiap 8 jam dengan kecepatan motor 1000 RPM. Kecepatan motor DC dikontrol dengan menggunakan kontroller PID. Pada sistem kontroller PID ini terdapat dua buah kontroller yaitu PID1 yang merupakan kontrol kecepatan motor (RPM) dengan nilai Kp1 = 0.0003, Ki1 = 0.005, Kd1 = 0.00125 dan PID2 yang  merupakan kontrol debu dengan nilai Kp2 = 10000, Ki2 = 0, dan Kd2 = 0.  


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Feriyadika, M. P., Hendik Eko Hadi, Renny Rakhmawati. 2011. Rancang Bangun Pemanfaatan Elektrostatik Presipator untuk Mengurangi Kadar Debu dalam Ruangan Berbasis Mikrokontroller. Surabaya. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/MENKES/SK/XI/2002tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri

Syakur, A., Agung Warsito, Nurlailati. 2009. Aplikasi Tegangan Tinggi DC sebagai Pengendap Debu secara Elektrostatik. Semarang. Universitas Diponegoro.

Arif, Muhamad Faishol. 2015. Sistem Kontrol Kecepatan Motor DCD-6759 Berbasis Arduino Mega 2560. Malang : Universitas Brawijaya.

Rivai, Muhammad, Henny Utami, Ferry A.N. 2011. Kontrol Pemurnian Udara Menggunakan Ionizer Berbasis Mikrokontroler. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v3i2.73

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.