KONTROL KECEPATAN WEIGH FEEDER PADA SISTEM KONVEYOR MENGGUNAKAN METODE PID

Isac Ilham Akbar Habibi, Siswoko Siswoko, Ratna Ika Putri

Sari


Weigh Feeder merupakan timbangan elektris mekanis yang berbentuk konveyor yg mempunyai peranan penting dalam menentukan kualitas produk dalam sebuah industry. Dalam sistem weigh feeder ini terdapat load cell yang berperan sebagai alat penimbang, dan juga motor sebagai penggerak konveyor. Dalam penelitian kali ini saya menggunakan metode PID untuk menyelesaikan masalah pengaturan set point pada motor serta pengaturan kecepatan motor terhadap perubahan beban pada weigh feeder ini. Diharapkan pada metode ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan setpoint yang diberikan. Pada alat ini menggunakan mikrokontroler berupa Arduino. Prinsip kerja alat ini adalah dengan cara mengatur kecepatan motor pada set tertentu sehingga loadcell dapat membaca beban yang berada diatas konveyor dengan tepat, sehingga dihasilkan output yang sesuai. Dalam menentukan nilai PID yang tepat, dilakukan berulang kali percobaan try and error serta melakukan perhitungan. Akhirnya ditemukan nilai PID yang tepat sehingga motor dapat berputar dengan kecepatan yang sesuai setpoint. Nilai PID itu adalah Kp=0,822 Ki=0,698 Kd=0,17. Dalam prosesnya Loadcell akan membaca berat yang ada diatas konveyor sehingga dapat dihitung hasil total dari penjumlahan berat setiap sensing.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Prawito Bagus Suliso. 2014. Sistem Monitoring dan Kontrol Kecepatan Motor DC Secara Nirkabel dengan Kontrol Proporsional, Integral, Derivative (PID). Laporan Akhir. Malang. TE Politeknik Negeri Malang

Faulianur, Rizki. 2011. Perancangan dan Pembuatan Modul Praktik PID Controller untuk Mengatur Kecepatan Pada Motor DC.

Skripsi. Malang. TE Politeknik Negeri

Malang

Susilo, Joko. 2013. Sistem Akusisi Data pada Proses Kendali Kecepatan Motor DC Berbasis DAQ 6008. Laporan Akhir.Malang: TE Politeknik Negeri Malang.

Rita, Khusnul Khotimah. 2011.

Perancangan dan Pembuatan Alat Pendeteksi Kecepatan Putar Motor Berbasis Mikrokontroler dengan Display Seven Segment. Laporan Akhir.Malang: TE Politeknik Negeri Malang.

Prinandika, Eka Bayu. 2011. Sistem Pengaturan Kecepatan Motor Pada Robot Line Follower Berbeban Menggunakan Kontroler PID. Jurnal Edukasi 1 (1) : 1-8. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arif, Muhamad Faishol. 2011. Sistem Kontrol Kecepatan Motor DC D-6759 Berbasis Arduino Mega. Makalah Seminar Hasil.

Rony Djokorayono. 2003. Aplikasi Rancangan Weight Scale Pengendali Aliran Massa Batu Bara Pada Belt Conveyor.

Proseding Seminar Pengembangan Teknologi Dan Perekayasaan Instrumentasi Nuklir.

Fendy Santoso, Thiang. 2003. Pengaturan Berat Total Material Yang Keluar Dari Weight Feeder Conveyor Dengan Menggunakan Kontrol Logika Fuzzy. Jurusan Teknik Elektro, Universitas Kristen Petra.

Debit Zein Ariandana , Epyk Sunarno, SST MT , M.Safrodin B.SC.MT. 2005. Rancang Bangun Konveyor Untuk Sistem Sortir Berdasarkan Berat Barang (Hardware).

Mahasiswa Elektro Industri, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia.

M. Antisto Akbar. Budi Setiyono ST, MT.

Proses Otomatisasi Pada Weight Feeder Sytem (Wf) DI PT. HOLCIM TBK. Mahasiswa dan Dosen Jurusan Teknik elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v3i1.72

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.