KONTROL SUHU DAN JUMLAH MATERIAL TERLARUT DALAM AIR AKUARIUM MENGGUNAKAN PROPORTIONAL KONTROLER

Magi Dedi Kusbiantoro, Andriani Parastiwi, Hari Kurnia Safitri

Sari


Kontrol suhu dan jumlah material terlarut dalam air akuarium sangat penting bagi orang yang hobi memelihara ikan hias air tawar. Dengan dibuatnya alat pengontrol suhu dan jumlah material terlarut dalam air akuarium ini dapat memudahkan para pecinta ikan hias air tawar dalam pembudidayaan dan pemeliharaan ikan hias. Arduino Mega 2560 sebagai mikrokontroler dari alat ini , thermocouple type K sebagai sensor suhu, sensor TDS sebagai sensor untuk mendeteksi jumlah material yang terlarut dalam air dan sensor ultrasonic untuk mendeteksi volume air dengan aktuator pompa motor DC dan heater. Alat ini menggunakan metode Proportional kontroler yang nantinya akan diolah oleh Arduino Mega 2560. Prinsip kerja alat ini menyesuaikan suhu dan jumlah material terlarut dalam air dengan setpoint yang sudah ditentukan. Apabila suhu dalam air akuarium kurang dari setpoint dengan setpoint 32OC maka heater akan menyala dan jika jumlah material terlarut melebihi setpoint dengan setpoint 20 ppm  maka pompa motor DC akan ON. Metode Proportional dapat menyetabilkan suhu dan jumlah material dalam air akuarium dengan suhu 28OC dan 20 ppm tetapi waktu untuk menuju setpoint memakan waktu cukup lama.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Maylita, Martani, Endarko. 2014. PerancanganDan Pembuatan Sensor TDS Pada Proses Pengendapan CaCO3 Dalam Air Denagn Metode Pelucutan Elektron Dan Medan Magnet. Jurnal Jurusan Fisika, FMIPA. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.

Rifa’i, Muhammad. 2012. Modul Ajar Mesin-Mesin Listrik. Malang: Politeknik Negeri Malang.

Ika. 2014. Pengontrolan Suhu Steamer Kerupuk Bawang Menggunakan Logika Fuzzy Mamdani. Skripsi Program Studi Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Malang : Politeknik Negeri Malang

Aydan, Habib. 2015. Implementasi Kontrol PID Pada Motor DC Sebagai Penggerak Robot Beroda 4WD Omni Wheels dengan Metode Wall Following. Skripsi Program Studi Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Malang : Politeknik Negeri Malang

Muhammad, Didi. 2015. Pompa Air Aquarium Menggunakan Solar Panel. Jurnal Program Studi Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Batam : Politeknik Negeri Batam.

Krisnu, Tantrayana. 2014. Pengaruh Waktu dan suhu terhadap Kadar Air Dalam Pengeringan Kopra. Skripsi Jurusan Teknik Elektro. Politeknik Negeri Malang.

Krismanto, Aven. 2014. Pengaruh Suhu dan Waktu pada Otomasi Pirolisis Berbahan Baku Tempurung Kelapa Sebagai Penghasil Asap Cair. Skripsi Jurusan Teknik Elektro. Politeknik Negeri Malang.

Winoto, Ardi. 2008. Mikrokontroler AVR ATMega 8/32/16/8535 dan Pemprogramannya dengan Bahasa Pada WinAVR. Bandung: Penerbit Informatika.

Budi, Agung. 2014. Sistem Pengganti Air Berdasarkan Kekeruhan Dan Pemberi Pakan Ikan Pada Akuarium Air Tawar Secara Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega 16. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA. Malang : STMIK Asia MalangMeisyaroh, Ika Dewi 2014. Pengontrolan Suhu Steamer Kerupuk Bawang Menggunakan Logika Fuzzy Mamdani. Skripsi Jurusan Teknik Elektro. Politeknik Negeri Malang.

Lela, Iskandar, Sri. 2011. Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Ikan Rainbow Merah (Glossolepis Incisus Weber) Dan Lobster Air Tawar (Cherax Quadricarinatus) Dengan Penebaran Yang Berbeda Pada Polikultur Sistem Resirkulasi . Jurnal Perikanan dan Kelautan, Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad

Nestya, Azarul, Zahwa. 2015. Aplikasi Teknologi Filtrasi Air Kolam Modern Untuk Meningkatkan Produktivitas Koi Pada Pembudidaya Sulfat Koi Kecamatan Belimbing Kota Malang. Malang : Universitas Brawijaya Malang

http://www.alldatasheet.com/

www.electrical4u.com




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v3i1.70

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.