Implementasi Kontrol PI Untuk Pengaturan Suhu Pada Perbusan Kedelai Dalam Proses Pembuatan Tempe

Grandi Vio, Mohammad Luqman, Herwandi Herwandi

Sari


Tempe merupakan makanan ciri khas dari Indonesia. Untuk pembuatan tempe sendiri tergolong sangat mudah. Kunci dasar dari pembuatan tempe adalah bahan yang berkualitas yaitu kedelai dan proses pembuatan. Dalam proses pembuatan tempe terdiri dari 4 tahap yaitu pengupasan, perebusan, inokulasi dan pengemasaan. Pada proses perebusan, suhu harus diperhatikan karena perebusan berfungsi sebagai proses hidrasi agar biji kedelai dapat menyerap air sebanyak mungkin. Namun proses perebusan yang dilakukan secara manual masih mengalami kendala seperti suhu yang tidak stabil. Maka dari itu pada penelitian ini dikembangkan suatu kontrol agar dapat menjaga kestabilan suhu. Kontrol tersebut menggunakan metode PI tunning Zighler-Nichols. Kontrol tersebut akan ditanam pada Arduino. Arduino akan mengontrol motor servo sebagai aktuatornya dan thermocouple sebagai sensor suhu yang berfungsi sebagai feedback. Dalam penelitian ini menggunakan setpoint 90 oC. Berdasarkan perhitungan didapatkan nilai Kp = 2.124 dan Ki = 23.1. Nilai tersebut kemudian dimasukkan kedalam sistem dan sistem tersebut menghasilkan peforma respon Rise Time = 16 menit, Over Shoot = 2.2 %, Error Stady State = 3.3 % dan Setling Time = 18 menit.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Suhardi, 2002. Hutan dan Kebun Sebagai Sumber Pangan Nasional. Kanisius. Yogyakarta.

Hermana, 1985.Pengolahan Kedelai menjadi Bahan Makanan, di dalam S.Somaatmadja, M.Ismunadji, Sumarno, M.Syam, S.O. manurung (ed), Kedelai, Pusat Penelitian Pengembangan Tanaman Pangan, Bogor.

Sudarsih, sudarsih and Kurniaty, Yuliana, 2009. Pengaruh lama dan Suhu Perendaman Kedelai Pada Tingkat Kesempurnaan Ekstraksi Protein Dalam Proses Pembuatan Tahu. In : ‘Seminar Tugas Akhir S1 Teknik Kimia Universitas Diponegoro 2009”, Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UNDIP.

Iskandar Ismail, ErdiusLantang. (2009).PerbaikanSistemPerebusanKacangKedelaiPada Usaha Produksi Tempe.JurnalAustenit. Vol.1, No 2. JurnalJurusanTeknikMesin, PoliteknikNegeriSriwijaya.

Ali, Muhamad.2004.PembelajaranPerancanganSistemKontrol PID Dengan Software MATLAB. Yogyakarta:UniversitasNegeri Yogyakarta, JurusanPendidikanTeknikElektro.

Bimantara, Tidar Naula. 2015."Implementasi Kontrol PID pada Pengaturan Suhu untuk Perebusan Kedelai dalam Proses Pembuatan Tempe". Skripsi Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v3i1.69

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.