IMPLEMENTASI METODE PI (PROPORTIONAL INTEGRAL) PADA PENGATURAN KECEPATAN CRUSHER MOTOR DALAM PROSES EKSTRAKSI BUAH APEL

Pradana Perwira Putranto, Sungkono Sungkono, Edi Sulistio Budi

Sari


Sari apel adalah larutan inti yang terkandung dalam buah apel yang diekstrak kemudian dicampur dengan atau tanpa gula dan tambahan makanan lainnya yang diizinkan untuk dibuat minuman sari apel. Proses ekstraksi sari apel umumnya dilakukan dengan menghancurkan buah apel kemudian ditekan untuk mendapatkan sarinya. Perlu adanya mekanisme untuk mengekstrak sari apel dari buahnya yang dapat bekerja secara terus-menerus. Di Indonesia, skala home industry dalam pengolahan sari apel dengan sistem otomatisasi masih sedikit, maka dari itu perlu dibuat miniplant berupa ekstraktor sari apel, yang kecepatan crusher motor apelnya dapat dikontrol menggunakan metode PI (Proportional Integral). Crusher motor ini menggunakan Arduino UNO sebagai kontrolernya dan sensor rotary encoder sebagai sensor kecepatannya. Prinsip kerja crusher ini pada dasarnya menstabilkan kecepatan crushing terhadap berbagai macam massa apel yang diberikan.Saatnilai setpoint diberikan, maka kecepatan akan meningkat kemudian stabil dan sesuai dengan nilai tersebut. Massa yang diberikan berpengaruh terhadap waktucrushing. Setelah crushed apple bertekstur lembut maka selanjutnya adalah dicampur dengan air lalu proses mixing dijalankan. Setelah crushed apple tercampur rata dengan air kemudian dialirkan secara manual menuju spinner. Spinnermotor dinyalakan dengan kecepatan maksimum guna memisahkan ampas apel dan sari apel. Proses ekstraksi sari apel selesai ditandai dengan berhasilnya diperoleh sari apel dari ampas yang mengering dan habisnya crushed apple yang tertampung pada crusher. Dari hasil pengujian crusher motor, didapatkan respon sistem yang baik dengan nilai Kp = 0,405 dan nilai Ki = 5, dengan beban maksimum massa apel adalah 2kg dan maksimum setpoint adalah 1.500 rpm.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrianto, M. (2014). “Kendali Kecepatan Motor Direct Current (DC) Menggunakan Proportional Integral Derivative (PID) Controller Terhadap Beban”. Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Malang.

Azlina, Maya. (2013). “Pembuatan Alat Ukur Kecepatan Angin Dan Penunjuk Arah Angin Berbasis Mikrokontroller AT-MEGA 8535”. Saintia Fisika.

Gunterus, Frans. (1994). Falsafah Dasar: Sistem Pengendalian Proses. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Lukman, Hakim. (2012). “Implementasi Perhitungan Posisi Robot Dengan FPGA Menggunakan Rotary Encoder”.Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh November.

Meisyaroh, Ika Dewi. (2014). “Pengontrolan Suhu Steamer Kerupuk Bawang Menggunakan Logika Fuzzy Mamdani”. Politeknik Negeri Malang.

Sa’adah, Lailufary Ichda Noor., Estiasih, Teti. (2015). “Karakterisasi Minuman Sari Apel Produksi Skala Mikro dan Kecil di Kota Batu: Kajian Pustaka”. Universitas Brawijaya Malang.

Sadli, M. (2014). “Disain Kontroler PI dengan Decoupling Pada Sistem Kendali Level Coupled Tank”. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh Utara.

Utari, Diah M. (2010). “Kandungan Asam lemak, Zink, Dan Copper Pada Tempe, Bagaimana Potensinya Untuk Mencegah Penyakit Degeneratif?”. Departemen Gizi Kesmas Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia

Wahyudi. (2008). “Tuning Parameter Kontrol Proportional Integral Menggunakan Sugeno Fuzzy Inference System”. Transmisi, Jurusan Teknik Elektro, Jilid 10 Nomor 2, hlm 97-102.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v3i1.68

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.