SISTEM PENGISI BATERAI MENGGUNAKAN BOOST CONVERTER DAN PHOTOVOLTAIC PADA TRAFFIC LIGHT

Irham Herafiandi, Eka Mandayatma, Mohammad Luqman

Sari


Lampu lalu lintas adalah lampu yang digu-nakan mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross) dan tempat arus lalu lintas lainnya. Saat ini masih banyak pemasangan traffic light yang menggunakan sumber listrik non-renewable energy.Selain itu masih banyak persimpangan yang ramai tanpa adanya rambu lalu lintas.Dari kedua masalah tersebut dapat menimbulkan potensi kecelakaan dan terjadinya kemacetan.Oleh karena itu pada penelitian ini mengangkat sebuah judul tentang pengisian bateraidengan memanfaatkanenergi sinar matahari sebagai sumber energi listrik untuk lampu traffic light.Untuk menstabilkan nilai tegangan keluaran solar sel menjadi level tegangan baterai digunakan sebuah boost converter dan dengan pengontrolan PWM.Tegangan pengisian baterai diset pada 14 Volt dan rangkaian boost converter bekerja pada rentang 8-13 Volt. Pada saat tegangan keluaran photovoltaic diatas 13 volt, photovoltaic akan terhubung langsung ke baterai dengan blockingdiode. Selain itu digunakan pula rangkaian saklar pemutus listrik untuk memutus sistem pengisi baterai saat baterai telah terisi penuh (13,6 Volt).Pada pengujian pengisi baterai menggunakan boost converterdengan sumberphotovoltaic didapatkan efisiensi daya(η) terbesar terjadi pada saat tegangan input 11,17 Volt, dengan nilai 63%. Dan nilai efisiensi daya terkecil terjadi pada saat tegangan input sebesar 8,22 Volt dengan nilai 11%.Dengan menggunakan sistem pengisi baterai ini dalam satu hari cerah mampu mengisi sebesar 74,3% (3.25A x 8 jam= 26Ah) dari 35Ah 12V. Sehingga dapat menghidupkan secara continue sebuah traffic light dengan daya 16 Watt selama 15 jam.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahmi, Khairul. 2013. Pengaruh Traffic Light pada Kecelakaan Lalu Lintas.. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

Sidabutar, Dedy Siddik dkk,2013 Rancang Bangun Buck-Boost Converter Pada Panel Surya Menggunakan Metode Kontrol PI dan PID Berbasis Mikrokontroler Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Komarudin, Achmad. 2015. Desain dan Analisis Proposional Kontrol Buck-Boost Converter pada SistemPhotovoltaic. Jurnal ELTEK Politeknik Negeri Malang

Tito, Beng. 2012 Metode MPPT Baru untuk Sel Surya Berdasarkan Pengendali PI. Skripsi Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro Universitas Indonesia

Yanaratri, Diah Septi. 2011. Pengaturan Switching Boost Converter Menggunakan Logika Fuzzy pada System Solar Cell sebagai Tenaga Alternatif. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Industri Politeknik Elektronika Negeri Surabaya InstitutTeknologi Sepuluh Nopember

Maulana, Nadya Syafira dkk. 2012. Perancangan Sistem Pengisian Baterai Otomatis Berbasis Mikrokontroler. Fakustas Ilmu Terapas Proram Studi Teknik Telekomunikasi Universitas TelkomKuswanto

Idrus, Muhammad Ubaidillah. 2015. Maksimalisasi Pengisian Baterai dari Konversi Angin sebagaiSumber Daya pada Perahu dengan Metode Fuzzy. Program Studi Teknik Elektronika Politeknik Negeri Malang.

Hery. 2010. Alat Ukur Listrik AC (Arus, Tegangan,Daya ) dengan Port Paralel. Fakultas Matematika dan Ilma Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret

Wikipedia.2016. Traffic Light




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v3i1.66

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.