IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC UNTUK PENGONTROLAN SUHU PADA PROSES REFLOW OVEN SOLDERING

Wahyu Tri Wahono, Totok Winarno, Fathoni Fathoni

Sari


SMT adalah teknologi penyusunan komponen elektronika. Dalam industri manufaktur khususnya di era digital saat ini, SMT (Surface Mount Technology) banyak digunakan dalam proses industri karena lebih efisien dan cepat daripada menggunakan proses baku yaitu trough-hole klasik. Oleh karena itu dengan alat oven soldering ini dapat mempermudah dalam pembuatan modul elektronika. Alat ini menggunakan kontrol Fuzzy Logic sebagai kontrol suhu pada sistem keseluruhan. Atas dasar tersebut diharapkan dengan kontrol Fuzzy Logic dapat menghasilkan kontrol suhu yang lebih stabil untuk proses penyolderan pada komponen-komponen SMD. Pada alat ini untuk kontrollernya menggunakan Atmega 16 dan thermocouple type K sebagai sensor suhunya. Prinsip kerja alat ini menyesuaikan sesuai suhu yang ada pada oven soldering. Apabila setpoint yang dimasukan 260 ̊ maka sistem akan menaikkan suhu dalam oven mulai dari suhu awal atau suhu ruangan sampai mencapai setpoint yang ditentukan. Jika setpoint yang diinginkan tercapai maka langkah selanjutnya masukkan berapa lama waktu yang diinginkan dan komponen SMD yang telah terpasang pada PCB dimasukkan pada oven soldering tersebut. Dan proses akan selesai jika buzzer menyala dan menunjukkan waktu yang telah ditentukan selesai.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasudungan, Aldo Bona (2012). “Rancang Bangun Infrared ReflowSoldering Berbasis Mikrokontroler”. Skripsi Jurusan Teknik Elektro dan Komputer. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Kusumadewi, Sri., Hartati, Sri., 2006, Neuro-Fuzzy, Graha Ilmu,Yogyakarta

Meisyaroh, Ika Dewi (2014). “Pengontrolan Suhu Steamer Kerupuk Bawang Menggunakn Logika Fuzzy Mamdani”. Skripsi Jurusan Teknik Elektro. Politeknik Negeri Malang.

On Semiconductor (2006). “Thyristor Theory and Design Considerations”.

Priambhodo, Bagus. (2012). “Rancang Bangun Modul Lab Elektronika Digital Berbasis Komponen Surface Mount Device (SMD)”. Skripsi Jurusan Teknik Elektro. Politeknik Negeri Malang.

Putra, Lukman Aditya. (2015). “Perangcangan Oven Untuk Penyolderan PCB Pada Proses SMT (Surface Mount Technology) Dengan Pengaturan Suhu Dan Waktu”. Jurnal Jurusan Teknik Elektro. Politeknik Negeri Malang.

Wang, L. X., 1997, A Course in Fuzzy System & Control,

Printice-Hall International, Inc., New Jersey




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v3i1.59

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.