Desain Gerakan Tarian Robot Humanoid Berbasis Sinyal Suara Musik dengan Metode K-Means

Renita Diah Purnama, Agus Pracoyo, Yulianto Yulianto

Sari


Sound Recognition merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengembangkan kecerdasan buatan pada robot humanoid yang berhubungan dengan pengenalan suara. Salah satu algoritma yang digunakan untuk menerapkan sistem ini adalah DFT (Discrete Fourier Transform).Pada perancangan software, sebagai masukan adalah suara dengan frekuensi rendah dan frekuensi tinggi.Pengolahannya menggunakan algoritma DFT (Discrete Fourier Transform) yang kemudian dikempokkan dengan algoritma K-Means Clustering.Untuk keluarnnya berupa gerakan robot humanoid  yang dikelompokkan berdasarkan frekuensi rendah dan frekuensi tinggi. Untuk frekuensi rendah, robot humanoid akan menggerakkan gerakan A dan frekuensi tinggi, robot akan menggerakkan gerakan B.Untuk dapat mendeteksi suara digunakan sensor suara berupa microphone. Microphoneakan mendeteksi suara yang kemudian akan diolah oleh beaglebone black. Dalam pengujian,diambil 10 data perocabaan pada masing-masing gerakan. Untuk pengujian gerakan A, dari 10 data percobaan terdapat 1 kali gagal. Sedangkan pada pengujian gerakan B, dari 10 data percobaan terdapat 2 kali gagal.Selain pengujian gerakan robot humanoid, terdapat juga pengujian metode k-means clustering.K-means clustering inidigunakan untuk mengelompokkan sinyal sehingga membentuk suatu gerakan sesuai dengan database.Dalam pengujian metode k-means clustering, hasil yang didapatkan adalah 14 kali proses iterasi hingga mencapai kondisikonvergen. Semua proses yang ada diolah oleh Beaglebone Black yang kemudian akan dikirimkan ke CM-5sebagai kontroler dari robot humanoid tersebut sehingga akan  menggerakkan aktuator dari robot humanoid yaitu AX-12 Dynamixel


Teks Lengkap:

XML PDF

Referensi


Jatmiko, Wisnu. 2012. Robotika : Teori dan Aplikasi. Depok : Universitas Indonesia.

Budiharto, Widodo. 2009. Membuat Sendiri Robot Humanoid. Jakarta : Penerbit Elex Media Komputindo.

Online BIOLOID COMPREHENSIVE ROBOT KIT http://www.robotslab.com/Robot/BIOLOID%20COMPREHENSIVE%20ROBOT%20KIT#gsc.tab=0. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2015 pukul 21.45.

Andriana, Anna Dara. 2013. Perangkat Lunak untuk Membuka Aplikasi pada Komputer dengan Perintah Suara Menggunakan Metode Mel Frequency Cepstrum Coefficients. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) Vol. 2, No. 1, Maret 2013, ISSN : 2089-9033. Bandung : Universitas Komputer Indonesia.

Sutiknyo, Prabowo Hadi Putra. 2014. Penggolongan Suara Berdasarkan Usia dengan Menggunakan Metode K-Means. Skripsi Jurusan Teknik Telekomunikasi. Surabaya : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Musa, Wahab. 2002. Transformasi Fourier dalam Pemrosesan Sinyal Digital (Fourier Transform in Digital Signal Processing). Jurnal R&B Volume 2 Nomor 2, Oktober 2002, ISSN : 1412-5080. Padang : Politeknik Negeri Padang Jurusan Teknik Elektro.

Agusta, Yudi. 2007. K-Means – Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait. Jurnal Sistem dan Informatika Vol. 3. Bali : STMIK STIKOM Bali.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v2i2.45

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.