IMPLEMENTASI INVERTER 1 FASA GELOMBANG SINUS PADA MODUL AJAR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA

Haries Fadhilah Karim, Donny Radianto, Ratna Ika Putri

Sari


Alat ini merupakan sebuah modul pembelajaran pada bidang renewable energy yang memanfaatkan tenaga surya. Pada prakteknya, modul dioperasikan dengan cara mengarahkan cahaya lampu pada solar cell. Dengan posisi kemiringan cahaya lampu dan solar cell yang dapat diatur secara manual dengan sumbu arah yang berbeda. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil untuk output tegangan dan arus pada solar cell.

Pada modul ini terdapat 2 buah solar cell yang dapat dirangkai secara seri ataupun paralel, yang output-nya dihubungkan dengan baterai. Guna mencegah terjadinya over charge, maka modul juga dilengkapi dengan automatic charging system. Baterai dapat dihubungkan dengan beberapa beban DC atau dapat juga menjadi input untuk rangkaian inverter sehingga dapat digunakan untuk menyalakan AC.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Lubis, Abubakar. 2007. Energi Terbarukan Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Jakarta. J. Tek.Ling.

Madani, M. Satria dan Salsabila Ayu Amartya. 2020. RANCANG BANGUN MODUL AJAR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA JENIS MONOCRYSTALLINE DENGAN DATA LOGGER. Malang. Politeknik Negeri Malang.

Myori, D., Mukhaiyar, R., & Fitri, E. (2019). Sistem Tracking Cahaya Matahari pada Photovoltaic. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 9-16. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.548

Purwoto, Bambang Hari. Efisiensi Penggunaan Panel Surya Sebagai Sumber Energi Alternatif. Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TOGAR TIMOTHEUS, ST, MT, PEMANFAATAN PHOTOVOLTAIC SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA. Medan. STT IMANUEL MEDAN.

Istanto W. Djatmiko, BAHAN AJAR ELEKTRONIKA DAYA (KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO 2010), hlm 70.

Effendi, dkk, Desain SPWM Multilevel Inverter Satu Fasa Lima Belas Level (Universitas Syiah Kuala 2016), hlm 62.

EGCorp Micro. 2014. EG8010 Datasheets.

Surjono, Herman Dwi, Ph.D. 2008. Elektronika Analog. Jember. Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Soniarto, ANALISA BEBAN ARUS PADA INVERTER DAN TRAFO PADA WAKTU PEMAKAIAN DAN PENGISISAN AKI (UniversitasMuhammadiyah Semarang 2017), hlm 4.

Cahyo, Fahrul Maulana Dwi. 2020. DESAIN DAN ANALISIS INVERTER FULL-BRIDGE 1 FASA DENGAN DSP F28069M MENGGUNAKAN TEKNIK SPWM (SINUSOIDAL PULSE WIDTH MODULATION). Malang. Politeknik Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v9i3.449

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.