Kontrol Energi Hybrid Angin, Surya Photovoltaic dan Fuel Engine pada Kapal Model Katamaran

Yusril Islami, Budhy Setiawan, Agus Pracoyo

Sari


Kemajuan sarana transportasi laut semakin berkembang pesat, hal ini berbanding terbalik dengan ketersediaan bahan bakar fosil yang ada di dunia. Di wilayah perairan Indonesia, energi terbarukan sangat berpotensi untuk menggantikan bahan bakar fosil bagi transportasi laut, diantaranya adalah energi angin dan energi matahari. Oleh karena itu muncul ide untuk merancang kapal dengan sumber energi hybrid, angin dengan media layar, photovoltaic, dan fuel engine. Sistem kontrol pada penelitian ini diperlukan untuk mengatur penggunaan energi yang ada di kapal. Cara kerja dari sistem kontrol yaitu dengan memonitor daya yang tersedia pada baterai. Ketika kondisi baterai berada dibawah tegangan kerja, maka mikrokontroler akan memberi perintah ke rangkaian switching starter untuk menyalakan engine. Kemudian engine akan memutar generator untuk mengisi baterai sampai terisi penuh kembali. Setelah baterai sampai pada tegangan kerja maka rangkaian switching stop akan mematikan engine. Sementara itu PV terus bekerja mengisi baterai selama masih ada sinar matahari. Dari hasil pengambilan data disimpulkan bahwa tegangan yang dihasilkan oleh generator cukup konstan dengan kisaran RPM 300 dengan tegangan 14 Volt. Sedangkan pada PV daya yang dapat ditangkap secara maksimal selama 6 jam dalam sehari dengan rata-rata 60,07 Watt.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


H. P. Dida, S. Suparman and D. Widhiyanuriyawan, "Pemetaan Potensi Energi Angin di Perairan Indonesia Berdasarkan Data Satelit QuickScat dan Windsat," Jurnal Rekayasa Mesin , vol. 7, pp. 95-101, 2016.

G. Widayana, "Pemanfaatan Energi Surya," Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 9, pp. 37 - 46, 2012.

D. Chrismianto, B. Arswendo and Y. Sobirin, "Pengaruh Variasi Bentuk Hull Kapal Catamaran Terhadap besar Hambatan Total Menggunakan CFD," KAPAL, vol. 11, no. 2, pp. 99 - 106, 2014.

E. Muk-Pavic, S. Chin and D. Spencer, "Validation Of The CFD Code Flow-3D For The Free Surface Flow Around The Ship’s Hulls," Annual Conference Of The CFD Society of Canada, 2006.

R. AR, G. N and C. B, "Analisa Performansi dan Monitoring Solar Photovoltaic System (SPS) Pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Tuban Jawa Timur," JUNRAL TEKNIK POMITS, 2016.

Gilbert, M. Masters. Renewable and efficient electric power systems. John Wiley & Sons, 2004.

KUSUMA, A., et al. Analisa Generator 3 Phasa Tipe Magnet Permanen Dengan Penggerak Mula Turbin Angin Propeller 3 Blade Untuk PLTB. Eksergi, 2016, 11.1.

D. P. Sari and R. Nazir, "Optimalisasi Desain Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid Diesel Generator - Photovoltaic Array Menggunakan Homer," Jurnal Nasional Teknik Elektro, vol. 4, pp. 1 - 12, 2015.

A. Yogianto , H. Budiono and I. A. Aditya, "Configuration Hybrid Solar System (PV), Wind Turbine, And Diesel," in IEEE Conference on Power Engineering and Renewable Energy , Bali, indonesia, 2012.

I. B. Kyari and J. Y. Muhammad , "Hybrid Renewable Energy Systems for Electrification: A Review," Science Journal of Circuits, Systems and Signal Processing, vol. 8, no. 2, pp. 32 - 39, 2019.

M. H. Nehrir, C. Wang, K. Strunz, R. Ramakumar, J. Bing, Z. Miao and Z. Salameh, "A Review of Hybrid Renewable/Alternative Energy Systems for Electric Power Generation: Configurations, Control, and Applications," IEEE TRANSACTIONS ON SUSTAINABLE ENERGY, vol. 2, no. 4, pp. 392 - 403, 2011.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.