Sistem Monitoring dan Alarm Mesin Molding Microplastic Berbasis LabVIEW

Muhammad Fadhlurrohman Anwar, Muhammad Rifa'i, Supriatna Adisuwignjo

Sari


Pada suatu sistem otomasi terdapat HMI (Human Machine Interface) yang digunakan oleh programmer sebagai alat untuk memonitoring kinerja sistem secara real time. Dengan berkembangnya sistem otomasi pada suatu industri, maka sistem monitoring dan alarm pada mesin molding microplastic merupakan salah satu sistem yang ada di industri dapat digunakan sebagai media pembelajaran di laboraturium sebelum masuk ke dunia industri yang sesungguhnya. Sistem monitoring dan alarm pada mesin molding microplastic sangat dibutuhkan karena dengan adanya sistem monitoring operator akan lebih mudah untuk mengawasi kondisi torsi ekstruder, temperatur ekstruder dan posisi molding. Untuk menampilkan respon nilai input dan output dari torsi ekstruder, temperatur ekstruder dan posisi molding pada HMI menggunakan kontroler PLC diperlukan komunikasi serial agar HMI dapat memberikan tampilan visual yang real time dan presisi untuk setiap respon input dan output. Untuk mendapatkan respon yang stabil pada kontroler PLC diperlukan komunikasi serial RS 485 untuk menghubungkan dengan HMI, sedangkan pada kontroler myRIO diperlukan kabel USB-B untuk menghubungkan dengan software LabVIEW. Hasil yang didapatkan menunjukkan respon sistem yang baik dan mampu memonitoring torsi ekstruder, temperatur ekstruder dan posisi molding dengan setpoint yang diberikan pada HMI untuk kondisi sistem dan dapat menampilkan alarm apabila sistem bekerja tidak sesuai dengan seharusnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jadmiko, Sarjono Wahyu. Rancang Bangun Protipe Perangkat Pengukuran dan Monitoring Besaran Listrik Menggunakan PLC Berbasis LabVIEW. Politeknik Negeri Bandung, 2013.

Asriyadi. Evaluasi Sensor Yang Digunakan Untuk Perancangan Sistem Data Logger Pada Solar Panel. Jurnal Teknik Elektro. Politeknik Negeri Ujung Pandang, Des. 2016.

Akbar, Yusuf Taufan. Rancang Bangun Pengisian Botol Otomatis Berdasarkan Warna Berbasis PLC Dan LabVIEW. Politeknik Negeri Batam, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v8i3.308

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.