Desain Sistem Kontrol Kecepatan Motor menggunakan Kendali PID pada Solar E-Bike

Nunung Dwi Khotimah, Subiyantoro Subiyantoro, Muhamad Rifa'i

Sari


Intisari Teknologi saat ini mendorong manusia untuk berinovasi dan menciptakan suatu alat transportasi yang ramah lingkungan, hemat energi dan dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak (BBM). Solar E-Bike adalah kendaraan tanpa bahan bakar minyak (BBM) yang digerakkan oleh motor BLDC 250 Watt dan baterai 24V sebagai sumber tegangannya. Diperlukan sebuah sistem pengontrol kecepatan yang dapat mengendalikan kecepatan putaran motor pada saat Solar E-Bike berjalan. Input setpoint dilakukan dengan memutar throttle untuk mengatur kecepatan berupa data yang dikirim ke mikrokontroler. Keluaran dari mikrokontroler berupa PWM menjadi masukan untuk penggerak driver motor. Dengan mengimplementasikan rumus tuning PID (Proportional Integral Derivative) metode Ziegler Nichols 2 diperoleh nilai parameter Kp = 0.65625, Ki = 0.6, dan Kd = 0.3588277. Berdasarkan hasil pengujian sistem, didapatkan respon sistem yang baik menghasilkan respon sistem rise time (tr) dengan waktu 4s, time delay (td) dengan waktu 3s, time peak (tp) 4,5s, settling time (ts) 24s, maksimum overshoot (mp) 12,5%, dengan nilai input setpoint sebesar 16 km/H.


Teks Lengkap:

XML PDF

Referensi


Nurhadi. 2018. Pengembangan Sepeda Motor Listrik sebagai Sarana Transportasi Ramah Lingkungan. Jurnal SENIATI 2018. ISSN:2085-4218.

Demin, Lazar. 2019. Build a PID Controller with Python 2019. Onion Corporation.

Simanjuntak, Bernard Daniel. 2019. Analisis Perbandingan Pengaturan Kecepatan Motor BLDC dengan Menggunakan Kontrol PI dan PID. Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Simamora, Kristianingsih. 2015. Desain Kendali Pid Pada Plant Debit Air Dengan Metode Ziegler-Nichols Dan Cohen-Coon Menggunakan Matlab Dan Arduino. Skripsi Teknik Elektronika Politeknik Negeri Bandung.

Wijaya, Mochammad Iqbal Try. 2015. Perancangan dan Realisasi Sistem Kendali Kontinyu & Digital pada Plant Debit Air dengan Metode Ziegler Nichols & Coohen-Coon menggunakan Matlab dan Arduino. Skripsi Teknik Elektronika Politeknik Negeri Bandung.

Yulianta, Agung Dwi. 2015. Pengendalian Kecepatan Motor Brushless DC (BLDC) menggunakan Metode Logika Fuzzy. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 12, No. 2.

Sari, Amalia Venita. 2016. Kontrol Kecepatan Motor DC Pada ESP Dengan Metode PID. Skripsi. Malang. Politeknik Negeri Malang.

Astrom, Karl J dan Hagglund T. 1995. PID Controller 2nd Edition: Theory, Design and Tuning. Instrument Society of America.

Al-Akbary, Putri Cepvie Muji. 2019. Rancang Bangun Sistem Kontrol Kecepatan Motor Pada Hybrid Electric Bike Dengan Menggunakan Metode PI. Skripsi Teknik Elektronika Politeknik Negeri Malang.

Tianur. Happiyanto, 2017. Kontrol Kecepatan Motor Induksi menggunakan Metode PID. Skripsi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v8i2.271

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.