ALAT PENEKUK AKRILIK DENGAN SUHU YANG DAPAT DIKONTROL MENGGUNAKAN METODE PID

Bayu satriyo Prassojo, Bambang Priyadi, Muhammad Rifa'i

Sari


Akrilik adalah bahan polimer yang dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Dalam pembuatan akrilik untuk menjadi barang berguna, dibutuhkan beberapa proses salah satunya penekukan akrilik. Banyak orang yang menggunakan cara konvensional untuk melakukan penekukan akrilik. Hal tersebut mungkin akan sangat merepotkan, terutama jika diinginkan akrilik menekuk dengan sudut lekukan tertentu. Alat penekuk dengan pengatur tebal merupakan salah satu alat yang dirancang untuk membantu proses penekukan. Dilengkapi dengan motor DC sebagai aktuator untuk menggerakkan penekuknya, sehingga sudut tekuk yang diinginkan dapat diproses dengan lebih mudah. Alat ini juga dilengkapi dengan pengaturan suhu yang dihubungkan dengan elemen pemanas AC. Dengan memberikan data input sudut yang diinginkan dan tebal akrilik yang akan ditekuk melalui menu yang tersedia, kemudian data tersebut akan diolah Arduino mega maka elemen pemanasakan memanas sesuai tebal akrilik dan motor akan menekuk secara otomatis hingga sudut yang diinginkan. Alat ini digunakan untuk menekuk mika akrilik dengan rentang sudut 30o, 45o,60o,90o. Dari hasil beberapa percobaan didapatkan suhu dan waktu yang terbaik agar akrilik yang ditekuk tidak mengalami kerusakan. Suhu dan waktu yang didapatkan yaitu tebal 1mm dengan suhu 110oC dengan waktu 8,47 Menit, tebal 2mm dengan suhu 115oC dengan waktu 9,10 Menit, tebal 3mm dengan suhu 120oC dengan waktu 9,29 Menit. Dengan menggunakan metode trial and error untuk mendapatkan nilai Kp, Ki, dan Kd didapatkan nilai Kp = 2,3, Ki = 1,3 dan Kd=2,7. Nilai yang didapat tersebut merupakan nilai yang paling mendekati ideal saat alat berkerja.

Teks Lengkap:

XML PDF

Referensi


Setiawan, Christian, " Pembuatan Bending Machine Akrilik Berbasiskan Controller Arduino," Jurnal Teknik Elektro Universitas Kristen Petra, 2017.

Hongge Ru, Jian Huang, “Design and Control of a Soft Bending Pneumatic Actuator Based on Visual Feedback”, pada IEEE Proceedings of the 2018 13th World Congress on Intelligent Control and Automation July 4-8, 2018, Changsha, China, 2018.

Pothorajoo, Satishrao, and Hamdan Daniyal. "PID bidirectional speed controller for BLDC with seamless speed reversal using Direct Commutation Switching Scheme." Control and System Graduate Research Colloquium (ICSGRC), 2017 IEEE 8th. IEEE, 2017.

Priya, Aldiansyah, " Alat Penekuk Dan Pemotong Akrilik Dengan Ketebalan Dan Sudut Yang Dapat Diatur," pada Laporan Tugas Akhir Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang, 2018.

Artanto, Dian, " LCD (Liquid Crystal Display)" pada Laporan Akhir Teknik Elektro Politeknik Negeri Sriwijaya, 2012.

Priya, Aldiansyah, " Alat Penekuk Dan Pemotong Akrilik Dengan Ketebalan Dan Sudut Yang Dapat Diatur," pada Laporan Tugas Akhir Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang, 2018.

Adityaproduction, “Pengertian jenis-jenis akrilik” Jurnal kelompok gramedia, 2016.

Urwatal, Robith, " Rancang Bangun Acrylic Machine Dengan Sudut Yang Dapat Ditentukan," Jurnal Teknik Elektro Universitas Brawijaya Malang, 2013.

A. G. Ekayana, A. A. R. Rakasiwi, “Rancang Bangun Pengaman Power Supplay Berbasis Zero Crossing Detector Pada Laboratorium Komputer,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Ganesha, Vol. 15, No.1, 2018.

Ali, Muhammad, " Pembelajara Perancangan Sistem Kontrol PID dengan Software MATLAB.," Jurnal Teknik Elektro Universitas Yogyakarta, 2014.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.