Aplikasi PID Controller Pada Pengaturan Suhu Boiler Dengan Menggunakan PLC Dan HMI

Healthy Angelia Putri, Edi Sulistio Budi, Denda Dewatama

Sari


Pemakaian listrik di Indonesia, sebagian besar bersumber dari pembangkit listrik yang menggunakan tenaga uap. Dalam proses mengubah air menjadi uap sering terjadi kendala, sehingga mengakibatkan uap yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan keluaran sesuai yang diinginkan dengan respon sistem yang baik. Untuk mendapatkan respon sistem yang baik maka diterapkan metode kendali PID pada sistem. Dengan menggunakan PLC dan HMI sebagai kontrolernya diharapkan dapat mempermudah dalam pengaturan suhu boiler pada penelitian ini. Pada penelitian ini menggunakan miniplant boiler berkapasitas 50 liter dengan diameter 35 cm dan tinggi 52 cm. Cara kerja alat tersebut adalah untuk mestabilkan suhu di dalam boiler pada setpoint 100°C. Dengan hasil nilai parameter PID menggunakan metode Ziegler – Nichols sistem orde 1 yaitu Kp = 18,9, Ti = 240s, dan Td = 60s didapatkan hasil yang kurang bagus dengan nilai karakteristik sistem yaitu Tr = 1976s, Ts = 2743s dan EES = 1%, maka dilakukan manual tuning PID dengan nilai parameter PID yaitu Kp = 10, Ti = 2s, dan Td = 4,2s. Sehingga hasil dari pengontrolan suhu boiler didapatkan hasil pengujian kontrol suhu dengan akurasi 99,5% , error steady state = 0,5% dan settling time = 2640s, sehingga waktu untuk mencapai kondisi stabil dari suhu 30 – 100 derajat dibutuhkan waktu 44 menit.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nanda, Ikhsan Putra. 2018. Studi Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Uap / PLTU Di PT Multimas Nabati Asahan. Jurnal Jurusan Teknik Elektro. Politeknik Negeri Medan.

Montolalu, Reynaldo Sandy. 2015. Rancang Bangun Sistem Kontrol Level dan Temperatur Boiler Dengan Metode PID dan Kontrol Dua Posisi. Jurnal Vol.02 No.2. Jurnal Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik Elektro. Universitas Telkom.

Kurniawan, Wijaya. 2009. Pengendalian Suhu Dan Ketinggian Air Pada Boiler Menggunakan Kendali PID Dengan Metode Root Locus. Jurnal EECCIS Vol. III No. 2. Jurnal Jurusan Teknik Elektro. Universitas Brawijaya.

Muin, Syamsir A. 1988. Pesawat – Pesawat Konversi Energi I (Ketel Uap). Jakarta: Rajawali Pers.

Bolton, William. 2006. Sistem Instrumentasi dan Sistem Kontrol. Jakarta: Erlangga

Manual Book Siemens S7-200. 2003.

Johnson, Curtis D. 2014. Process Control Instrumentation Technology. America: United States.

Lubis, Hasrin. 2016. Rancang Bangun Alat Penggongseng Kelapa Untuk Pembuatan Bumbu Dapur Dengan Menggunakan Pemanas Listrik Temperatur 800c Dengan Kapasitas 3 Kg. Jurnal Teknik Mesin. Politeknik Negeri Lhoksumawe.

Datasheet Immersion Heater

Katsuhiko, Ogata. 1997. Modern Control Engineering Third Generation. University Of Minnesota.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v7i1.184

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.