Akuisi Data Pada Stasiun Cuaca Berbasis Nodemcu ESP8266

Izmi Permatasari Susanto, Budhy Setiawan, Sidik Nurcahyo

Sari


Penelitian ini bermaksud untuk mendesain dan mengimplementasikan perangkat stasiun cuaca berbasis Internet of Things yang dapat memantau parameter cuaca seperti kecepatan angin, arah mata angin, curah hujan, suhu, kelembapan, intensitas cahaya direct dan diffuse. Proses pengambilan data umumnya dilakukan oleh operator dengan cara yang manual. Pengambilan data secara manual memiliki kelemahan diantaranya waktu yang diperlukan untuk pencatatan data, tingkat akurasi data yang rendah akibat human error, dan proses penyimpanan data pada media yang mudah rusak. Sistem akuisisi data dapat dilakukan dengan mengolah data analog dan data digital. Pengiriman data secara digital dapat menggunakan NodeMCU ESP8266 dengan memanfaatkan jaringan nirkabel (wireless). Jaringan internet yang digunakan sangat berpengaruh pada proses pengiriman data. Pada penelitian ini hasil dari pembacaan sensor dikirimkan ke NodeMCU ESP8266 dengan komunikasi serial. Data dari pembacaan sensor dikirimkan oleh NodeMCU ESP8266 kedalam database. Hasil dari penelitian ini membuat perangkat stasiun cuaca yang dapat menyimpan data secara otomatis dengan jeda waktu 60 detik ke database.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


FMIPA-ITB, 2006, KK Astronomi Menyimak Astronomi Indonesia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Teknologi Bandung.

Harisuryo, R, dkk. 2015. Sistem Pengukuran Data Suhu, Kelembaban, dan Tekanan Udara dengan Telemetri berbasis Frekuensi Radio. Jurnal Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Elektro: Universitas Diponegoro Semarang.

https://www.loggerindo.com/alat-pengukur-cuaca-beserta-fungsinya-94

Nagara, Nanda, dkk. 2012. Perangkat Lunak Sistem Akuisisi Data Menggunakan Delphi. Pusat Teknologi Nuklir Bahan dan Radiometri Bandung.

https://studylibid.com/doc/172251/a.-komunikasi-serial--rs232-

Arius D, dkk. 2008. Komunikasi Data, Penerbit Andi Yogyakarta.

https://embeddednesia.com/v1/tutorial-nodemcu-pertemuan-pertama/

Santoso, Gatot, dkk. 2019. Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu dan Kelembapan pada Ruang Server Berbasis IoT (Internet of Things). Teknik Elektro. Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

Arafat. 2016. Sistem Pengaman Pintu Rumah Berbasis Internet of Things Dengan ESP8266. “Technologia” Vol 7, No. 4, Oktober-Desember 2016.

https://www.gearbest.com/transmitters-receivers-module




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/elk.v7i1.182

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ELKOLIND : Jurnal Elektronika Otomasi Industri
D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang
e-ISSN : 2356-0533 | p-ISSN : 2355-9195
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.